Pendidikan dan Penelitian

Upaya UMY sebagai Green Campus, tidak hanya mengfokuskan diri kepada penataan kampus sebagai kawasan hijau dan menyiapkan media kegiatan belajar mengajar yang berhubungan langsung dengan ekologi hijau saja, melainkan juga memperkuat aktivitas akademik dan pendidikan serta melahirkan riset-riset unggulan yang mengangkat permasalahan lingkungan, energi dan ekosistem bumi secara meluas.

241526_abu-vulkanik-kelud_663_382Program studi baik di Strata-1, Strata-2 maupun Strata-3, beserta beberapa pusat studi yang mempunyai roadmap dan pengembangan dalam kajian lingkungan maupun berkaitan dengan tema pemberdayaan sumber daya yang berhubungan dengan lingkungan; berkomitmen untuk mengembangkan kurikulum yang sebagiannya memasukkan nilai-nilai pelestarian lingkungan dengan berbagai aspek dan sudut pandangnya yang sesuai konsentrasinya masing-masing, dan memunculkan ide-topik penelitian state-of-the-art mengenai lingkungan. Beberapa kegiatan pendidikan yang telah terlaksana diantaranya:

    • 1. Mengembangkan kurikulum yang berwawasan Pelestarian Lingkungan dalam Mata Kuliah Umum Terkait, Mata Kuliah Khusus, Konsentrasi Mata Kuliah maupun Konsentrasi Studi, sehingga berbasis kurikulum tersebut, dapat mempersiapkan peserta didik (mahasiswa) untuk mengembangkan midset (pemikiran) dan menerapkan nilai-nilai pelestarian alam, serta melakukan langkah-langkah konservasi lingkungan secara konkrit yang dimulai dari skala kecil.
    • 2. Melaksanakan penelitian dengan tema lingkungan dengan berbagai sudut pandang dan aspek-aspek yang mempengaruhinya yang diangkat dalam tesis mahasiswa, penelitian mandiri dosen, penelitian kemitraan dosen-mahasiswa, penelitian kemitraan dosen-industri dan penelitian terapan berbasis komunitas.
    • 3. Mengembangkan pusat studi di UMY yang melahirkan penelitian dan kajian dalam kerangka umum pelestarian lingkungan, konservasi energi, diversifikasi energi baru terbarukan, manajemen kebencanaan dan pelestarian sumber daya alam dan air.
    • 4. Mengembangkan program penelitian multi-disiplin dalam bidang lingkungan dan berbagai aspek-aspeknya.
    • 5. Menyelenggarakan pertemuan ilmiah dan diseminasi baik dari skala lokal, nasional, regional maupun internasional dengan topik lingkungan dan pembangunan yang berkelanjutan.
    • 6. Menyiapkan pelatihan-pelatihan mengenai lingkungan, energi dan konservasi sumber daya alam termasuk didalamnya pelatihan dalam bidang manajemen dan pengelolaan teknis bagi masyarakat.
    • 7. Mengembangkan kerjasama penelitian dan pendidikan dengan institusi atau lembaga akademik, riset dan pemerintah dalam bidang pengelolaan lingkungan, energi, sumber daya alam dan pembangunan berkelanjutan.