Sebagai langkah dalam memfasilitasi kebutuhan mahasiswa, dosen dan karyawan, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) secara resmi membuka Fitness Center yang bertempat di Lantai Dasar Gedung University Residence (Unires) Putra UMY, pada Sabtu (5/10). Pembukaan Fitness Center bertujuan agar civitas akademika bisa selalu bugar secara jasmani, karena secara tidak langsung jasmani yang bugar dapat menambahkan produktivitas.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Alumni dan AIK, Hilman Latief, MA., Ph.D., yang secara simbolik memotong pita dalam acara peresmian tersebut, menekankan bahwa dibukanya Fitness Center memang merupakan sebuah komitmen dari UMY untuk memfasilitasi civitas akademika dalam sektor non-akademik. Menurutnya bangsa Indonesia perlu memiliki mahasiswa yang energik dengan didukung fasilitas olahraga tersebut.

“Ini sebagai cara kita untuk memfasilitasi kebutuhan-kebutuhan mahasiswa khususnya di bidang non-akademik termasuk minat bakat. Dalam konteks sumber daya manusia, kita perlu mahasiswa yang tidak hanya cerdas tetapi mahasiswa yang energik dan sehat. Bangsa ini, butuh orang yang energik, cerdas, dan dinamis dengan pemenuhan kebutuhan olahraga itu,” tutur Hilman ditemui di sela-sela acara peresmian Fitness Center.

Pada awal pembukaan, Fitness Center UMY hanya memiliki delapan alat sehingga dirasa masih belum komplit. Untuk itu, UMY telah melakukan kerjasama dengan UNY (Universitas Negeri Yogyakarta) tentang penggunaan tiga fasilitas olahraga seperti Fitness yang lengkap, kolam renang, dan lintasan atletik demi memenuhi kebutuhan olahraga mahasiswa, dosen dan karyawan. “Bagi yang kebutuhan olahraganya lebih, kami sudah kerjasama dengan UNY untuk kolam renang, fitness yang lebih lengkap, dan lintasan atletik. Mahasiswa, karyawan, dan dosen bebas datang ke UNY untuk mendapatkan tiga fasilitas itu dengan membawa KTM atau identitas pegawai, dengan semua biayanya akan ditanggung UMY.”

Sementara untuk mahasiswa yang ingin menggunakan fasilitas Fitness Center UMY, telah dibuatkan jadwal per fakultas, mengingat jumlah mahasiswa yang sangat banyak, jadi akan ada pembagian waktu yang berbeda. “Jumlah mahasiswa UMY kan banyak ada putra dan putri, jadwal per fakultas berbeda-beda untuk penggunaan Fitness Center. Untuk sementara belum ada jumlah batasan pengunjung perharinya,” imbuh Rozikan S.E.I., M.S.I, ketua pengelola Fitness Center UMY.

Fitness Center UMY akan memiliki empat instruktur pria dan wanita mulai November mendatang. Jadi dalam jangka waktu satu tahun kedepan, akan dilihat animo mahasiswa, dosen dan karyawan UMY dalam menggunakan fasilitas fitness tersebut. “Untuk jangka waktu satu tahun akan dilihat animonya. Jadi, harapannya dari segi fasilitas bisa semakin dilengkapi, serta tempatnya bisa lebih besar lagi jika memang banyak yang membutuhkan. Secara khusus, dengan adanya ini bisa membuat mahasiswa lebih sehat, dan meningkatkan prestasi mereka baik di bidang akademik dan non-akademik,” tutup Hilman.

sumber : http://www.umy.ac.id/fasilitasi-civitas-akademika-umy-resmikan-fitness-center.html

[wpdevart_facebook_comment curent_url="https://greencampus.umy.ac.id/fasilitasi-civitas-akademika-umy-resmikan-fitness-center/" order_type="newest" title_text="" title_text_color="#000000" title_text_font_size="22" title_text_font_famely="monospace" title_text_position="left" width="100%" bg_color="#d4d4d4" animation_effect="random" count_of_comments="3" ]